Rabu, 13 Juli 2011

Cara Merawat Ikan Cupang Jenis Serit

1. pada umur 1 bulan kita dapat melihat dari bentuk ikan jenis serit ini biasanya sudah terlihat jelas mana yang jantan dan mana yang jenis betina, karena pada ikan jantan biasanya warnanya lebih jelas & menyala beda dengan cupang dengan jenis betina biasanya tampilannya sangat biasa dengan bentuk badan lebih oval dan waranya kurang cerah. dalam ukuran ini dapat dibedakan pula ikan ini besarnat akan menjadi jenis serit atau jenis lain, hal ini terjadi apabila ikan dicampur dengan anakan ikan jenis lainnya. dapat dilihat dari ekornya yang lebih bergerigi dibanding ikan jenis Half Moon ataupun jenis cupang aduan.
2. pada umur 1 bulan ini ikan cupang masing boleh di campur pada satu kolam asalkan makanan yang di sediakan cukup untuk semua ikan yang ada di dalamnya. apabila tidak kita sudah tahu kalau ikan cupang adalah jenis karnivora yang juga bisa melakukan kanibalisme terhadap sesamanya. atau paling tidak ekor atau bagian lain pada tubuh ikan cupang ini akan robek atau terluka. hal ini akan merusak keindahan ikan cupang jenis serit ini.
3. baiknya apabila ikan sudah ber umur antara 2 s/d 3 bulan ditaruh pada wadah yang berbeda untuk menghindari rusaknya ekor atau bagian lain pada ikan.
4. ikan cupang jenis ini memang agak sedikit cengeng pada air yang kurang bersih. jadi baiknya 1 minggu sekali air harus diganti agar tidak membuat serit pada ikan cupang menjadi berbentuk spiral atau kriting, jadi ketika mekar sudah tidak sempurna mekarnya dan apabila sudah melilit akan membuat ekor ikan cupang serit ini patah-patah, jadi perhatikan ini ya...
5. makan yang di sarankan untuk ikan ini agar menjaga warna menjadi lebih bagus dan kesehatan ikan lebih terjaga saya merekomendasikan ikan cupang serit ini diberimakan hanya cuk (jentik nyamuk) & kutu air asalkan penyajiannya jangan terlalu banyak pada setiap wadah karna dapat membahayakan ikan cupang serit ini. kenapa? kadang apabila terlalu banyak cuk ataupun kutu air yang tidak dimakan ikan cupang dapat menyerang ekor ikan dan mengakibatkan kerontokan atau patah-patah, jadi secukupnya aja ya..., dan jangan beri makan ikan ini pelet karena makanan yang ini kurang di sukai ikan cupang & sisanya menjadi kotoran di wadahnya jadi dapat merusak ekor ikan cupang. pasti anda gak mau begitu kan... apabila demikian pastilah ikan anda akan lebih sehat & cantik.

sumber : http://infoikancupang.blogspot.com/2009/11/cara-merawat-ikan-cupang-jenis-serit.html

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar